SOP Waiter Bartender dan Cashier

Asslamu'alaikum wr wb
          Sebelumnya saya pernah bekerja di beberapa restaurant sebagai Cashier dan Waiter. Ada beberapa restaurant yang menyatukan area cashier dengan bartender, sehingga cashier dapat membantu membuatkan minuman jika restaurant dalam keadaan ramai. Saya akan menjelaskan tata tertib dan SOP (Standart Operational Prosedur), Exellent Service, Job Description dan penjelasannya di dalam blog ini.
  • SOP Cashier
    Opening Shift
    1. Datang 10-15 menit sebelum jam operasional (jangan lupa untuk mengisi kehadiran / presensi yang biasa disebut absen / absensi)
    2. Membaca Log Book / buku catatan Cashier. Kadang ada pesan penting di waktu shift Clossing untuk kita lakukan di pagi hari.
    3. Menyalakan mesin POS, EDC, Printer dan Ipod untuk memberikan suasana semangat kerja. Jangan lupa cek POS dan EDC apakah sudah tersettlement atau belum, agar pemasukan yang semalam tidak tergabung dengan yang saat ini. Test print POS, EDC dan Printer apakah bekerja dengan baik. Cek line EDC apakah sudah tersambung. Jika ada masalah informasikan ke SPV / Manager incharge.
    4. Periksa dan siapkan alat-alat yang diperlukan sebelum operasional seperti paper roll printer, paper roll mesin EDC, kertas struk, cover bill, alat tulis kantor (ATK) dll. Jika stock sedikit jangan lupa untuk memesan ke purchasing dengan menggunakan Purchase Order (PO). Buatlah format untuk mendata pemakaian barang untuk mengontrol pemakaian dan mempermudah pemesanan barang. 
    5. Periksa summary paper (format penjualan kemarin) apakah balance debit, kredit card, cash, voucher dengan fisiknya. Transfer cash penjualan kemarin ke bank. Jangan lupa cek uang modal dalam bentuk pecahan untuk kembalian ke customer.
    6. Nyalakan AC, Fresh Air (pengharum) dan bersihkan area Cashier walau semalam sudah dibersihkan agar kita bisa bekerja dengan nyaman.
    7. Grooming. Gunakan pakaian yang bersih, aksesoris secukupnya, kuku dipotong dan bersih, rambut dirapihkan terutama yang panjang, kumis dicukur, nametag, sepatu dan kaus kaki yang bersih. Jangan lupa menggunakan deodorant atau parfum untuk memberi kenyaman diri sendiri dan orang lain di sekitar kita. 
    8. Briefing. Sebelum operasional dimulai jangan lupa briefing untuk pengarahan atau pemberi informasi apa saja yang akan dilaksanakan pada saat itu. Seperti  promo-promo makanan atau kartu kredit dll. Jangan lupa dicatat di Log Book.
    9. Adapun tugas cashier saat operasional adalah Print the Bill yaitu memberikan struk kepada pelanggan. Check the Bill yaitu menanyakan kepada pelanggan untuk memeriksa kembali makanan dan minuman yang sudah di pesan. Jika pelanggan menggunakan debit atau kartu kredit, swipe kartu di mesin edc lalu minta tanda tangan pemilik kartu pada pengguna kartu kredit dan ucapkan terimakasih lalu Settle the Bill. Jika pelanggan membayar dengan tunai Settle the Bill dan beri uang kembalian kepada pelanggan. Lalu ucapkan terimakasih saat ingin meninggalkan pelanggan. Untuk close table jangan sampai salah memasukan mode pembayaran (cash, debit atau kartu kredit) agar terhindar dari unbalance summary report.
    10. Over Handle. Saat ingin istirahat atau 1 jam sebelum opening shift pulang, ada baiknya lakukan over handle ke shift middle atau clossing. Memeriksa kesesuaian data yang ada di POS dengan fisik. Agar tercipta kerja sama tim yang baik dan kenyamanan kerja.
    11. Briefing all shift. Menginformasikan seputar kejadian dari pagi di restaurant. Memberikan saran bisa dilakukan di setiap briefing. Untuk membangun kerjasama team yang baik.
    12. Presensi atau absen. Saat pulang tidak lupa untuk mengisi presensi atau absen.
    Middle Shift
    1. Datang 10-15 menit sebelum jam kerja dalam keadaan rapi (Grooming). Jangan lupa mengisi presensi atau absen.
    2. Membaca Log Book.
    3. Membantu waiter dalam penginputan Captain Order (CO) di POS.
    4. Over Handle saat opening, middle dan clossing shift mau istirahat. Jika middle shift libur, saat over handle opening dan clossing dilakukan oleh SPV incharge.
    5. Second briefing dengan all shift. Untuk membahas suatu kejadian di hari itu dan memberikan informasi seputar restaurant. Dengan briefing ini kita bisa memperat kerjasama antar team, antar bagian dan antar devisi.
    6. Presensi atau absen. Saat pulang tidak lupa untuk mengisi presensi atau absen.
    • Note :Dalam keadaan ramai, middle shift dapat membantu waiter dan bartender seperti penginputan CO, taking order, delivery food or drink to the table, membuat minuman dll. Dalam keadaan sepi, middle shift bisa melakukan membersihkan atau pengecekan data dan stock yang di perlukan. Atau ikut serta dalam training yang diadakan oleh SPV atau Manager dan Head Cook membahas seputar resep baru, cara melayani tamu dengan baik, membuka wine dll.
    Clossing Shift  
    1. Datang 10-15 menit sebelum jam kerja dalam keadaan rapi (Grooming). Jangan lupa mengisi presensi atau absen.
    2. Membaca log Book.
    3. Over handle dan melayani pembayaran.
    4. Second briefing.
    5. Saat waktu mendekati clossing persiapan memeriksa kembali pembayan di mesin EDC, cash dan POS apakah sesuai dengan struk. untuk mesin EDC lakukan audit untuk melihat rincian pengguna debit dan kredit card, jika sesuai dengan struk dan POS lakukan settlement untuk menutup transaksi di mesin EDC. Begitupun uang Cash diperiksa apakah sesuai dengan POS. Jika pembayaran sudah sesuai lakukan settlement di POS untuk menutup transaksi.
    6. Masukan data di summary report sesuai dengan yang di POS dan berikan ke SPV atau Manager incharge untuk di periksa dan di tanda tangani,yang nantinya akan di periksa kembali oleh pihak Accounting.
    7. Bersihkan area dan rapikan alat2 yang sudah dipakai dan matikan alat2 yang diberikan pertanggung jawaban ke Cashier seperti : Printer, POS, EDC, Ipod, Fresh air dll.
    8.  Briefing malam. Memberikan masukan tentang opersional saat itu dan memberikan info2 untuk esok hari dan tidak lupa di catat di Log book agar opening shift membaca kabar tesebut.
    9. Sebelum ganti baju dan pulang jangan lupa untuk mengisi presensi atau absen.

    Smoga Blog ini bermanfaat buat teman-teman. Untuk Waiter dan Bartender di tunggu ya.
    Wassalamu'alaikum wr wb








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memperbaiki komputer yang bermasalah